Form WhatsApp

Produk olahan Kayu jati, Kelebihan dan Kekurangannya

shape image

Produk olahan Kayu jati, Kelebihan dan Kekurangannya



Hai Sahabat Jati Jogja

Saya meyakini sebagian besar orang sudah mengerti bahwa Kayu jati merupakan salah satu kayu unggulan yang banyak digunakan sebagai bahan baku bangunan maupun perabotan rumah tangga lainnya.

Sejak Zaman kompeni sebenarnya kayu jati telah menjadi kayu unggulan yang dijadikan bukan hanya sebagai bahan baku bangunan namun juga sebagai bahan baku kapal laut maupun jembatan dan rel yang sebagian dari karya tersebut masih kokoh hingga sekarang.

Namun masih ada sedikit orang yang mergaukan kualitasnya dengan membandingkan dengan kayu lain yang mungkin tidak lebih baik dari kayu jati.

Agar dapat lebih meyakinnkan hal tersebut sata ingin kembali membahas kelebihan san sedikit kekurangan kayu jati, sehingga orang yang masih meragukan kualitas kayu jati mengetahuii bahwa kayu ini merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus dirawat dan dilestarikan serta digunakan dengan baik.

Demikian penjelasannya :

Kelebihan Kayu jati

 1.   Kokoh, Kuat dan Awet ( tahan Lama )
Salah satu kelebihan Kayu jati yang paling utama adalah Kokoh, Kuat dan Tahan lama. 3 kelebihan tersebut berada diatas sebagian besar kayu lain yang ada di Indonesia seperti Kayu Pohon Mahoni dan Pohon Nangka.
Kita tentunya sering melihat bukti kekuatan dan ketahanan kayu jati dimana banyak Rumah dan perabotan buatan ratusan tahun lalu namun sampai sekarang masih kokoh berdiri bahkan khusus untuk perabotan rumah tangga dan dapur akan kelihatan lebih Indah.
Untuk itu muai saat ini jangan ragu menggunakan semua peralatan, perabotan yang bebahan dasar kayu jati karena kekokohan, kekuatan dan ketahanannya sudah benar benar teruji dan terbukti di alam nyata. hihihi

2. Tahan Dalam segala Cuaca.

Indonesia merupakan negara Tropis yang mempunyai 2 musim yaitu penghujan dan kemarau, untuk itu semua peralatan dan perabotan baik Indoor maupun Outdoor sudah selayaknya menggunakan bahan dari kayu yang tahan di segala cuaca.
Apabila orang eropa saja yang mempunyai musim lebih dari 2 saja percaya dengan menggunakan sebagian besat peralatan dan perabotan rumah tangganya dengan kayu jati, mengapa kita yang mempunyai kekayaan kayu jati yang luar biasa justru meragukannya.
 Kita bisa menggunakan perlengkapan, peralatan dan perabotan kayu jati baik untuk di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Dan Jangan takut dengan musim yang selalu berganti, karena di cuaca ekstrim seperti musim salju sekalipun kayu jati akan tetap kuat dan kokoh.
3. Elegan dan Menawan
Serat kayu yang dipunyai tipe kayu tipe ini sangat khas. Jati mempunyai bermacam- macam warna, yang bisa dilihat dengan kasat mata, jadi aku rasa pantas saja jika banyak yang mengfinishing kayu jati dengan corak alami maupun corak klasik, yang menonjolkan corak asli jati serta memperlihatkan coraknya.


4.  Tidak Mudah Menyusut “ Ngulet “

Kayu jati tidak hanya kokoh serta tahan lama pula yang sangat normal, sebab kayu jati kering tidak gampang hadapi penyusutan serta pergantian wujud dalam sebutan pertukangan ialah" ngulet", serta perihal tersebut yang membuat kayu jati banyak digunakan dalam industri apapun, baik meubel kayu, semacam sofa, meja, lemari, ranjang, kichen set, tempat tidur serta lain- lain. Maupun buat perumahan semacam kusen, daun pintu serta hiasan rumah
5. Tidak Mudah Berjamur
Kelebihan kayu jati lainnya dan mungkin yang terakhir yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini adalah kayu jati tidak mudah berjamur. Saya bahkan hampir tidak pernah melihat perabotan atau furniture yang terbuat dari kayu jati berkualitas berjamur.
Jamuran adalah salah satu kelemahan dari peralatan dan perabotan yang terbuat dari bahan dasar kayu yang lain seperti mahoni dan kawan kawan, dan tentunya hal ini akan merusak keindahan peralatan tersebut bahkan akan dapat merusaknya.

Kekurangan Kayu jati


1.  Harga Lebih mahal

Hal ini sebenarnya bukan merupakan sebuah kelemahan , namun merupakan suatu konsensi yang terjadi untuk bahan yang berkualitas.
Dengan kualiatas yang lebih baik dari pada kayu lainya, memang sudah selayaknya produk olahan kayu jati akan lebih mahal dari produk yang terbuat dari kayu lainnya.
Bila kita bandingkan harga Peralatan dan perabotan yang terbuat dari kayu jati akan lebih mahal dari produk yang serupa namun terbuat dari bahan kayu lainnya. Jadi jangan heran jika produk kami akan lebih mahal. Sebab bahan baku utamanya memanglah telah mahal dan kami jamin berkualitas.

2. Mempunyai Pori – Pori Kayu yang besar

Kelemahan kedua dari produk berbahan dasar kayu jati adalah tidak cocok atau sulit dicat menggunakan cat finishing seperti Duco. Pori -pori yang besar membuatnya akan lebih susah di cat dibandingkan seperti perabotan yang terbuat dari kayu Mahoni karena berpori kecil.
Tidak hanya itu jati mmengeluarkan minyak, sehingga dikala proses finising duco terkadang timbul kekuningan dan merusak keinndahannya. Untuk itu kami menyarankan agar produk dari kayu jati untuk tidak di cat menggunakan cat model duco.

3.  Banyaknya Jati muda yang berkualitas rendah.

Salah satu peralatan dan perabotan jati menjadi mudah rusak karana para pengrajin menggunakan kayu jati yang usianya raltif masih muda dan belum waktunya digunakan sebagai bahan baku peralatan dan perabotan rumah tangga baik dalam maupun luar ruangan.

Untuk sebagai pembeli anda harus mengecek kualitas Produk yang anda beli, dan Kami A & R Wooden Art Jogja akan menjamin dan memberi Garansi bahwa produk kami menggunakan kayu jati Tua dan berkualitas tinggi. Karena kami mendapatkan dan mencari bahan langsung ke TPK resmi.
Dimana walaupun harganya mahal namun mempunyai kualitas yang tidak diragukan karena kayu jati yang dipanen merupakan tanaman yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. 

Demikian ulasan kami tentang kelebuhan dan kekurangan produk yang berbahan dasar kayu jati.

 Untuk Penjelasan produk lebih lanjut dan Pemesanan Hub Kami di  : 085244084901 atau Link dibawah ini:

ADMIN JATI JOGJA

Post a Comment

© Copyright 2019 JATI JOGJA

Form pemesanan WhatsApp

order ini akan otomatis menuju WhatsApp application.

Order now